Kamis, 30 April 2009

Komunikasi Massa 3

3. Pada acara sertijab Kasau (Bintang 4), Dispenau mengundang wartawan untuk meliput kegiatan yang tentu saja menurut kalangan TNI AU sangat penting. Namun ternyata jumlah wartawan yang hadir jauh lebih banyak pada acara sertijab Kapolda jaya (Bintang 2) :

Menanggapi liputan kegiatan sertijab Kasau dengan jumlah wartawan yang hadir lebih sedikit dibanding acara sertijab Kapolda Jaya. Kejadian tersebut sebenarnya lumrah dan wajar terjadi di Indonesia. Setiap wartawan, baik dari media cetak dan media elektronik, adalah agen dari sebuah bisnis media massa juga. Mereka akan mencari berita yang jauh lebih menarik dan menjual demi meningkatnya omzet penjualan atau rating tontonan mereka. Penyampaian sebuah berita juga menyimpan subjektivitas penulis. Bagi masyarakat biasa, pesan dari sebuah berita akan dinilai apa adanya. Berita akan dipandang sebagai informasi yang penuh dengan objektivitas. Bagi kalangan tertentu yang memahami gerak pers. akan menilai lebih dalam terhadap pemberitaan, yaitu dalam setiap penulisan berita menyimpan ideologis/latar belakang. Seorang penulis pasti akan memasukkan ide-ide mereka dalam analisis terhadap data-data yang diperoleh di lapangan.

Selain itu pemberitaan mengenai sertijab Kapolda Jaya jauh lebih dekat secara emosional dan sosial dibandingkan dengan pemberitaan sertijab KASAU. Di dalam struktur sosial masyarakat, posisi Kapolda Jaya sifatnya lebih dekat kepada semua lapisan masyarakat, semua orang lebih mengenal tugas Kapolda Jaya yang memiliki pengaruh langsung terhadap masyarakat sehingga dapat memenuhi karakteristik universalitas. Lain halnya jika yang meliput adalah media internal tentu akan memberikan laporan pemberitaan secara lengkap dan mendalam karena kepentingan dan explosure ke dalam lingkungan TNI AU sangat tinggi.

Sedangkan sertijab Kasau, akan memiliki nilai yang tidak terlalu menjual. Masyarakat lebih banyak yang tidak tahu dan tidak peduli bahkan tidak akan peduli siapa Kasau saat ini. Hal ini dikarenakan sosok Kasau bukanlah sosok yang dekat dan jelas bagi seluruh lapisan masyarakat. Hanya pada lapisan tertentu saja yang akan tertarik dengan sertijab itu. Apabila acara tersebut akan dijual kepada masyarakat pedesaan, tentu saja tidak akan menarik dan laku. Oleh karena itu, dapat diterka bahwa media massa yang datang adalah media massa yang bersifat umum nasional seperti Kompas, Angkasa dan lainnya yang bmempunyai kepentingan dengan pemberitaan tentang pertahanan dan kepentingan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar